top of page

Transformasi Penanganan Kontrak Sesuai PSAK 73: Mengapa Waktu adalah Kunci

Diperbarui: 11 Jul 2023


PSAK 73 memberikan tuntutan baru dalam penanganan kontrak sewa aset, yang mewajibkan perusahaan untuk mengadopsi pendekatan yang lebih komprehensif dan akurat. Transformasi dalam penanganan kontrak sesuai PSAK 73 bukanlah pilihan yang dapat ditunda, tetapi merupakan kebutuhan mendesak bagi perusahaan. Waktu memainkan peran kunci dalam kesuksesan transformasi ini, karena semakin cepat perusahaan melakukan langkah-langkah yang diperlukan, semakin sedikit risiko yang dihadapi dan semakin efisien operasional perusahaan.


Contoh Kasus:

Misalkan sebuah perusahaan manufaktur memiliki sejumlah besar kontrak sewa aset dengan berbagai pihak, dan sebagian besar kontrak-kontrak tersebut belum diadaptasi sesuai dengan persyaratan PSAK 73. Jika perusahaan tidak segera melakukan transformasi penanganan kontrak, risiko serius dapat timbul.


Sebagai contoh, perusahaan tersebut dapat menghadapi kesulitan dalam mengidentifikasi dan menghitung secara tepat komponen utama seperti nilai kini (present value) pembayaran sewa aset dan nilai residual, serta mengatur jadwal pembayaran dengan benar. Dalam hal ini, penanganan kontrak secara manual akan memakan waktu yang sangat lama dan meningkatkan risiko kesalahan perhitungan yang dapat berdampak pada laporan keuangan yang salah.


Selain itu, jika perusahaan tidak segera melakukan transformasi, mereka juga berisiko menghadapi tekanan waktu yang meningkat ketika batas waktu pelaporan keuangan semakin mendekat. Proses penyesuaian kontrak secara manual akan memakan waktu berharga dan meningkatkan risiko kesalahan yang dapat mempengaruhi ketepatan laporan keuangan.


Dalam menghadapi tantangan ini, waktu menjadi kunci. Perusahaan perlu segera mengadopsi solusi otomatisasi yang dapat mempercepat dan menyederhanakan transformasi penanganan kontrak sesuai PSAK 73. Melalui adopsi solusi seperti Leasee, perusahaan dapat mengurangi risiko kesalahan, meningkatkan efisiensi, dan memastikan penanganan kontrak yang sesuai dengan standar yang berlaku. Dengan melakukan transformasi penanganan kontrak sesegera mungkin, perusahaan akan mendapatkan manfaat jangka panjang berupa laporan keuangan yang lebih akurat, kepatuhan yang lebih baik terhadap persyaratan PSAK 73, dan operasional yang lebih efisien secara keseluruhan.


Segera temukan kemudahan dan efisiensi dengan Leasee. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.leasee.id dan jadilah bagian dari transformasi bisnis yang lebih baik.



Temukan konten-konten kami yang lain di berbagai platform kami yang lain:


Berikut 3 Artikel terakhir yang luar biasa untuk disimak terkait otomatisasi PSAK 73 dan IFRS 16:

  1. Upload Contract: Solusi Efektif untuk Menangani Tantangan Dokumen Kontrak pada Implementasi PSAK 73 LINK

  2. Mengatasi Tantangan dan Resiko dalam Change in Contract secara Otomatis LINK

  3. Early dan Ending Termination: Mengatasi Tantangan dan Resiko dalam Laporan Keuangan dengan Leasee LINK


Best Regards,



Leasee.id

PT Sazanka Henig Solusi

0812-9179-0957 (Putra)

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page