top of page

Waspada! Penanganan Lease Accounting Manual Bisa Menghancurkan Bisnismu.

Dalam era bisnis yang berkembang pesat, implementasi yang cermat dari PSAK 73 menjadi semakin penting bagi perusahaan. PSAK 73 menetapkan standar yang jelas untuk penanganan lease accounting, memastikan kepatuhan dan akurasi yang diperlukan dalam pelaporan keuangan. Namun, masih banyak perusahaan yang mengelola lease accounting secara manual tanpa memahami risiko besar yang terkait.


Mari kita simulasikan sebagai permisalan, Perusahaan XYZ menangani lease accounting manual dapat mengancam kelangsungan bisnis. Dengan menggunakan spreadsheet dan proses manual, mereka rentan terhadap kesalahan perhitungan dan pencatatan. Hal ini terbukti ketika laporan keuangan mereka mengungkapkan ketidaksesuaian yang signifikan dengan kondisi sebenarnya. Kesalahan tersebut tidak hanya merugikan reputasi perusahaan, tetapi juga berpotensi menimbulkan masalah perpajakan yang serius.


Kesalahan dalam perhitungan dan pencatatan lease accounting memiliki dampak yang serius pada laporan keuangan perusahaan. Tidak hanya mengaburkan gambaran finansial yang sebenarnya, tetapi juga dapat menimbulkan sanksi perpajakan yang merugikan. Hal ini menciptakan ketidakpastian yang merugikan bagi investor dan pemangku kepentingan lainnya, serta meningkatkan risiko audit yang tidak diinginkan.


Selain dampak finansial, penanganan lease accounting manual juga memberikan beban berat pada karyawan yang menanganinya. Proses yang rumit dan rawan kesalahan menyebabkan tingkat stres yang tinggi, bahkan hingga menyebabkan beberapa karyawan terganggu kesehatannya. Hal ini menyebabkan proses pelaporan harian atau bulanan atau bahkan tahunan tersendat oleh PSAK73 padahal masih ada hal lain yang harus diselesaikan dalam pelaporan keuangan.


Solusi untuk mengatasi semua tantangan ini adalah dengan mengadopsi otomatisasi penanganan lease accounting menggunakan platform Leasee. Dengan dipimpin oleh developer bersertifikasi internasional dengan latar belakang CA, CPA, dan ASEAN CPA, Leasee menawarkan solusi yang sesuai dengan PSAK 73 dan IFRS 16, memberikan kepatuhan yang ketat dan akurasi yang tidak diragukan lagi.


Talk to our Expert

0896-3626-1684


Best Regards,


PT Sazanka Henig Solusi

Menara Karya Lt 28

Jl. HR Rasuna Said Kav 1-2

Kuningan - Jakarta Selatan

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page