top of page

PSAK 116 : Bargain of Purchase Order Concept and How to Handle on Leasee.id (Accounting Journal)

Pada tanggal 8 Februari 2024, IAI mengumumkan SAK Indonesia Update - PSAK Berlaku Efektif 2024 dan seterusnya. Seperti yang kita pahami bersama bahwa Standar Akuntansi Keuangan Indonesia merupakan hasil konvergensi IFRS dan terus berkembang seiring dengan pengembangan IFRS. PSAK 73 pun mengalami amandemen dan menjadi PSAK 116. Kali ini kita akan membahas bagaimana menangani case Sewa Aset dengan Opsi Pembelian.


Kali ini kita akan lanjutkan kasus kemarin yang sudah selesai sampai menghasilkan Lease Schedule. Berikut secara brief kasus dan lease schedulenya,


Kasus

A (Lessee) menyewa mobil kepada B (Lessor)

Periode sewa 6 bulan

Pembayaran setiap bulan

Pembayaran dilakukan di awal setiap tanggal 10

Besaran pembayaran Rp 25.000.000,-

Pada perjanjian A mempunyai opsi untuk memiliki mobil yang disewakan oleh B dengan membayar sejumlah Rp 5.000.000,-

Suku bunga adalah 6% per tahun

Suku bunga per bulan : 0.487%


Lease Schedule

Lease Schedule PSAK 116

Untuk detail perhitungannya silakan bisa dibaca kembali artikel yang lalu pada link di bawah ini :


ACCOUNTING LEASE JOURNAL

Lalu setelah kita dapatnya Lease Schedule bagaimana jurnalnya? Ada beberapa macam jurnal yang dipersiapkan pada kasus Lease ini. Pada kasus ini kita akan fokus pada jurnal yang dipersiapkan oleh Lessee.

  1. Jurnal Awal, untuk mengeluarkan nilai Aset dan Liabilitas ke Neraca pada Laporan Keuangan

  2. Jurnal Pembayaran, untuk eksekusi pembayaran setiap periode pembayaran dan akan mengurangi Liabilitas setiap ada pembayaran

  3. Jurnal Interest, untuk mengeluarkan nilai interest sebagai konsekuensi manfaat yang kita terima dengan sistem lease ini. Hal ini akan menambah nilai Liabilitas setiap periode

  4. Jurnal Depresiasi, untuk mencerminkan penurunan nilai aset setiap periodenya

  5. Jurnal Early Terminasi (optional), Jika dilakukan Early atau lebih awal dari periode sewa maka akan menghapuskan nilai Liabilitas, Right of Use Asset dan Akumulasi Depresiasi.

  6. Jurnal End Terminasi, jika dilakukan ending termination maka ini untuk melakukan penghapusan Akumulasi Depresiasi, dan apabila ada Bargain of Purchase Order maka akan ada jurnal jika dieksekusi opsi pembeliannya, dan jika tidak.


PEMBAHASAN JURNAL AKUNTANSI PADA KASUS

Jurnal Awal / Month 0


Jurnal Month 1 - 6



Jurnal Month 7 BoPO dieksekusi

Oleh karena itu A akan mebayar cash sebesar kesepakatan dan mengidentifikasinya sebagai asset juga senilai kesepakatan. Sedangkan untuk Lease Liability, Accumulated Depreciation dan RoU akan dihapuskan. Jika ada selisih antara D/C maka akan dimasukan ke pos Gain on Lease atau Loss on Lease.


Jurnal Month 7 BoPO tidak dieksekusi

Oleh karena itu Lease Liability, Accumulated Depreciation dan RoU akan dihapuskan. Jika ada selisih antara D/C maka akan dimasukan ke pos Gain on Lease atau Loss on Lease. Kenapa masih ada sisa Lease Liability sebesar Rp 5.000.000,-? Karena kita sudah mencadangkan utang jangka panjang kita pada saat perhitungan RoU dan Lease Liability. Untuk Detailnya, yuk simak lagi perhitungannya di artikel kami yang lalu : PSAK 116 : Bargain of Purchase Order Concept and How to Handle on Leasee.id (Lease Schedule)


VERY SIMPLE STEP ON LEASEE

Dari pembahasan manual di atas tentu saja kita harus "sangat teliti" untuk terus-terusan mengecek pada tabel, lalu buat jurnalnya. Resiko sangat tinggi. Kalau ada kesalahan, Jurnal Koreksi akan mengotori pekerjaan anda dan akan terlihat sangat tidak terdidik. Di atas itu baru ada 1 aset, bagaimana jika level perusahaan anda sudah MultiRegional, MultiNasional atau bahkan internasional? Manual adalah BOM WAKTU!

So, Leasee akan menjawab semua resiko di atas dengan step-step yang sangat simple. Hanya 2 step

  1. Tarik Jurnal

  2. Terminasi akhir (Eksekusi/Non Eksekusi BoPO)


Accounting Journal on Leasee

Silakan simak step by stepnya di halaman ini Accounting Journal | Leasee. Inilah tampilan yang anda dapatkan:

PSAK 116 Accounting Journal on Leasee

Kehidupan dan profesionalitas anda atas PSAK 116 amandemen PSAK 73 atau IFRS 16 akan dimudahkan dengan fitur Accounting Journal ini. Leasee sudah membantu mempersiapkan semua jurnal dari Periode awal sampai akhir sewa. Jadi tinggal dipilih saja mau Periode 0, 1, 2 dst.


Ending Termination - BoPO Executed

Ending Termination juga dilakukan melalui Fitur Jurnal Akuntansi, simak step by step di halaman ini Accounting Journal | Leasee, lalu bedanya setelah ke bagian Jurnal Akuntansi, silakan pilih periode paling akhir lalu klik Termination. Silakan bisa simak step by step di halaman ini Early & Ending Termination | Leasee.

Executed BoPO Step by Step

Jika BoPO mau dieksekusi, silakan centang pada radio button YES, lalu klik Execute.

Ending termination Accounting Journal PSAK 116

Tampilannya akan terupdate dengan Jurnal Bargain Purchase.


Ending Termination - BoPO Non Executed

Ending Termination juga dilakukan melalui Fitur Jurnal Akuntansi, simak step by step di halaman ini Accounting Journal | Leasee, lalu bedanya setelah ke bagian Jurnal Akuntansi, silakan pilih periode paling akhir lalu klik Termination. Silakan bisa simak step by step di halaman ini Early & Ending Termination | Leasee.

Non Executed BoPO

Jika BoPO mau dieksekusi, silakan centang pada radio button NO, lalu klik Execute.

Non Executed Accounting Journal PSAK 116

Tampilannya akan terupdate dengan Jurnal Bargain Purchase versi Non Executed.


Sekian Artikel kami untuk membahas amandemen PSAK 116 atas PSAK 73 yang berlaku efektif pada tahun 2024 ini mengenai Bargain of Purchase Order atau Aset Sewa dengan Opsi Pembelian. Dan sekarang segera hubungi kami dan pastikan proses akuntansi khususnya Sewa Aset anda bersama dengan Leasee.id.


Talk to our expert



Best Regards,


Augutinus Assistantya Suryaputra SE., S.Kom., CNLP.

Leasee Consultant

PT Sazanka Henig Solusi

6 tampilan0 komentar

Commenti


bottom of page