top of page

Understanding the Impact of Purchase Option Bargains on Financial Reports and Business Efficiency

Dalam dunia akuntansi dan pelaporan keuangan, penanganan kontrak sewa aset sesuai dengan PSAK 73 dan IFRS 16 menjadi sangat penting. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah "bargain of purchase option" atau opsi pembelian dengan harga murah pada akhir kontrak sewa.

Bargain of purchase option mengacu pada hak lessee untuk membeli aset yang disewa pada akhir periode sewa dengan harga yang lebih rendah dari nilai pasar yang diharapkan. Hal ini memiliki dampak signifikan pada laporan keuangan perusahaan.

Apabila bargain of purchase option tidak teridentifikasi dengan benar pada kontrak sewa aset sesuai dengan PSAK 73 dan IFRS 16, maka dampaknya bisa berdampak negatif pada laporan keuangan. Lessee harus memperhitungkan nilai wajar aset yang diharapkan dibeli pada akhir kontrak dan mengakui nilai tersebut sebagai Right of Use Asset (ROU). Jika bargain of purchase option tidak diidentifikasi secara benar, maka nilai ROU yang diakui dan juga nilai liabilitas sewa yang terkait dapat menjadi tidak akurat.

Selain itu, jika penanganan bargain of purchase option dilakukan secara manual, terdapat resiko kesalahan manusia yang dapat mempengaruhi keakuratan data dan laporan keuangan. Proses manual juga cenderung memakan waktu dan menghambat efisiensi bisnis, terutama ketika terdapat banyak kontrak sewa yang harus ditangani.

Dalam menghadapi tantangan dan resiko ini, Leasee hadir sebagai solusi yang efektif. Dengan menggunakan Leasee, informasi bargain of purchase option pada perjanjian sewa aset awal dapat diinput dengan mudah. Ketika masa sewa berakhir, Leasee akan secara otomatis menghasilkan jurnal akuntansi yang tepat, serta mengupdate summary report dan aging report secara langsung.

Dengan adanya Leasee, proses penanganan bargain of purchase option menjadi lebih efisien dan akurat. Perusahaan dapat memastikan bahwa laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, dan peluang efisiensi dalam proses bisnis semakin meningkat.

Jangan biarkan kendala dan resiko penanganan bargain of purchase option menghambat kesuksesan bisnis Anda. Manfaatkan Leasee sebagai solusi yang handal untuk mengoptimalkan penanganan kontrak sewa aset Anda sesuai dengan PSAK 73 dan IFRS 16.

Segera temukan kemudahan dan efisiensi dengan Leasee. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.leasee.id dan jadilah bagian dari transformasi bisnis yang lebih baik.


Call Our Expert :



Best regards,


PT Sazanka Henig Solusi

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


bottom of page