top of page

Menghindari Kerugian Finansial: Kenapa Penanganan Manual PSAK 73 Berisiko?

Diperbarui: 19 Okt 2023


Kami akan menyoroti mengapa pengelolaan PSAK 73 secara manual dapat menjadi sumber risiko finansial yang signifikan bagi perusahaan. Mari kita melihat contoh kasus untuk lebih memahami dampaknya pada laporan keuangan.


Human Error

Dalam kasus perusahaan ABC, mereka memutuskan untuk mengelola kontrak sewa aset mereka secara manual, tanpa menggunakan sistem otomatisasi yang sesuai dengan PSAK 73. Ketika datang saatnya untuk menghitung penyusutan aset, tim keuangan perusahaan harus mengandalkan perhitungan manual yang rentan terhadap kesalahan manusia.


Penurunan Kepercayaan Investor

Pada akhirnya, tim keuangan membuat kesalahan dalam menghitung penyusutan untuk beberapa aset, dan ini tidak terdeteksi selama beberapa bulan. Hasilnya, dalam laporan keuangan kuartalan berikutnya, perusahaan mengungkapkan laba yang sebenarnya lebih rendah dari yang seharusnya. Hal ini mengakibatkan penurunan kepercayaan investor dan pemangkasan nilai saham perusahaan di pasar modal.


Permasalahan Perpajakan

Selain itu, karena penyusutan yang salah diakui, perusahaan akhirnya harus menghadapi masalah perpajakan. Mereka harus menyesuaikan laporan keuangan mereka untuk mencerminkan angka yang benar, yang mengakibatkan pembayaran pajak tambahan dan potensi sengketa pajak yang dapat merugikan perusahaan secara finansial dan reputasional.


Dalam kasus ini, kita dapat melihat bahwa penanganan manual PSAK 73 dapat membawa risiko serius bagi perusahaan, baik dalam hal akurasi laporan keuangan maupun aspek pajak. Untuk menghindari kerugian finansial semacam ini, perusahaan perlu mempertimbangkan solusi otomatisasi seperti Leasee untuk memastikan kepatuhan dengan PSAK 73 dan meminimalkan risiko-risiko tersebut.


Kami ingin mengundang Anda untuk mencoba Leasee melalui Free Trial 7 Hari kami. Hanya dengan mengisi formulir di www.leasee.id, Anda dapat mengalami sendiri bagaimana Leasee dapat membantu Anda meningkatkan kepatuhan, melindungi reputasi perusahaan, mengelola risiko pajak, dan menghindari ketidakakuratan dalam laporan keuangan. Jangan biarkan PSAK 73 menjadi ancaman terhadap reputasi perusahaan Anda.



Salam hangat,


0812-9179-0957

11 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page