top of page

Lease Calculation dan Schedule Dengan dan Tanpa Leasee



Sebagai bagian dari manajemen keuangan, pengelolaan sewa aset merupakan suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan oleh perusahaan. PSAK 73 dan IFRS 16 mengharuskan perusahaan untuk mengakui sewa aset pada laporan keuangannya, termasuk dalam hal perhitungan kalkulasi lease dan schedule pembayaran. Seiring dengan semakin kompleksnya transaksi sewa aset, terutama jika dilakukan secara global, maka penggunaan spreadsheet manual untuk melakukan kalkulasi lease dan schedule pembayaran dapat menimbulkan resiko yang signifikan bagi perusahaan.


Salah satu resiko yang mungkin dihadapi oleh perusahaan ketika menggunakan spreadsheet manual adalah adanya kesalahan dalam menghitung kalkulasi lease dan schedule pembayaran. Hal ini dapat terjadi karena adanya kesalahan input data atau formula dalam spreadsheet yang digunakan. Kesalahan ini kemudian akan berdampak pada ketidakakuratan laporan keuangan perusahaan, terutama dalam hal pengakuan sewa aset.


Selain kesalahan dalam kalkulasi, resiko lainnya adalah kurangnya efisiensi dan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan perhitungan kalkulasi lease dan schedule pembayaran. Jika masih menggunakan spreadsheet manual, maka perusahaan harus mengecek satu per satu data dan rumus yang ada, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dan berpotensi menghambat produktivitas perusahaan.


Jika resiko-resiko tersebut terjadi, maka akan berdampak pada laporan keuangan perusahaan, yang dapat mempengaruhi keputusan investasi dan kredibilitas perusahaan di mata pemegang saham dan stakeholder lainnya. Kesalahan dalam pengakuan sewa aset dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengakuan pendapatan, biaya dan laba, serta aset dan kewajiban perusahaan. Ini tentu saja dapat mempengaruhi reputasi perusahaan dan kredibilitasnya di pasar.


Namun, dengan menggunakan aplikasi seperti LEASEE, perusahaan dapat menghindari resiko-resiko tersebut dan memastikan keakuratan dalam pengakuan sewa aset. LEASEE memungkinkan perusahaan untuk melakukan perhitungan kalkulasi lease dan schedule pembayaran secara otomatis dan lebih efisien, sehingga meminimalkan kesalahan manusia dan meningkatkan produktivitas. LEASEE juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat mempermudah pengelolaan sewa aset sesuai dengan PSAK 73 dan IFRS 16, seperti validasi PSAK 73 dan IFRS 16, upload kontrak, informasi umum kontrak, pengisian informasi pajak, serta fitur schedule pembayaran yang terintegrasi dengan kalkulasi lease.



Dengan menggunakan LEASEE, perusahaan dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sewa aset, serta memastikan keakuratan pengakuan sewa aset pada laporan keuangan. Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, LEASEE menjadi solusi praktis bagi perusahaan dalam mengelola sewa aset secara efektif dan efisien. Dapatkan free trial dengan mengunjungi www.leasee.id dan rasakan pengalaman yang luar biasa spesial dalam mengelola Sewa Aset sesuai PSAK 73 dan IFRS 16 dengan cepat dan mudah.


business@sazankahenig.com

+62 812 9179 0957

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Комментарии


bottom of page